Masih Ragu Buat Landing Page? Inilah Beberapa Manfaatnya.

Masih Ragu Buat Landing Page? Inilah Beberapa Manfaatnya.
Dalam dunia bisnis digital, landing page dapat membantu usahamu semakin berkembang. Simak keunggulan apa saja jika kamu buat landing page.

Untuk terjun ke dalam sebuah bisnis digital, membuat landing page menjadi hal yang cukup penting. Berdasarkan data dari Hubspot, sebuah perusahaan yang memiliki 10-15 landing page, mendapat kenaikan hingga 55 persen. Jika kamu buat landing page, tentunya bisnis kamu akan mendapat perubahan yang signifikan.

 

Landing page adalah sebuah halaman khusus yang dibuat dengan tujuan tersendiri, seperti mengarahkan pelanggan untuk membeli produk, mengisi formulir, dan aksi lainnya. Dengan begitu, pelanggan tidak hanya sekedar berkunjung ke website saja. Ketika seorang pelanggan mengunjungi website kamu, bisa saja pelanggan tersebut hanya melihat-lihat produk yang ada, jika tidak tertarik, ia akan langsung meninggalkan website tersebut.

 

Berbeda dengan landing page. Ketika pelanggan mengunjungi website, kamu bisa mengarahkan mereka untuk mengisi data diri pada form yang kamu sediakan. Dengan begitu, kamu dapat menghubungi mereka saat ada promo menarik, informasi produk terbaru, dan berbagai promosi lainnya.

 

Landing page yang baik adalah yang berisi CTA (Call to Action) yang jelas dan mudah dipahami oleh pelanggan. CTA menjadi elemen yang penting untuk mendorong pengunjung untuk menentukan langkah yang kamu inginkan.

Landing page memiliki dua tujuan utama:

Pertama, landing page mempercepat transaki. Halaman ini akan mengarahkan pengunjung untuk merespon tindakan spesifik yang sudah kita tetapkan. Misalnya kita mau mereka membeli produk, mendaftar jadi anggota, mengirim email atau menghubungi kita di whatsapp.

 

Landing page punya navigasi yang terbatas, bahkan hanya punya satu tombol call to action. Dengan begitu, pengunjung akan lebih leluasa dan cepat bertindak, misalnya untuk "beli sekarang".

 

Kedua, landing page memperkuat kampanye digital marketing secara organik maupun iklan berbayar. Pada tahapan ini kita bisa membuat narasi untuk mengedukasi user melalui informasi yang relevan dan bermanfaat bagi mereka.

 

Mereka tidak akan disuguhi informasi yang terlalu umum seperti di halaman Home, About, Contact. Harapannya mereka akan segera melakukan konversi tanpa waktu yang terlalu lama.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa dengan membuat landing page, kamu akan mendapatkan banyak manfaat misalnya :

Cocok sebagai media promosi

Tidak seperti website biasa, landing page menjadi media yang tepat untuk memperkenalkan produk yang kamu jual. Dengan begitu, peluang kamu memicu pelanggan untuk membeli produk menjadi lebih besar. Landing page dapat kamu gunakan sebagai tempat untuk menjelaskan setiap detail produk yang kamu jual, dari bahan hingga harganya.

 

Umumnya landing page cepat dibaca karena volume tulisannya tidak banyak. Tidak ada ulasan penyimpang perhatian yang tidak perlu karena hanya single page. Fokus pada info penting saja yang ditampilkan scroll-down dan swipe seperlunya.

Menaikkan conversion rate

Semakin banyak pengunjung landing page, maka angka konversi dalam bisnis kamu juga akan tinggi. Kamu dapat menyesuaikan landing page design, copywriting, dan skema penawaran dengan minat pengunjung.

 

Meningkatkan conversion rate ini tentunya didukung dengan fitur Call to Action. Fitur ini bisa kamu letakkan pada footer atau header landing page. Potensi interaksi tinggi karena hanya ada satu macam Call to Action yang bisa diletakkan di beberapa posisi strategis.

 

Misalnya pengunjung diarahkan untuk download saja, atau mengisi form. Form ini akan mengarahkan pengunjung untuk menuju form database dan mengajak pengunjung untuk memberikan kontaknya. Tidak ada opsi pilihan ganda, agar pengunjung tertarik dengan satu jenis aksi atau penawaran.

Meningkatkan efisiensi iklan berbayar

Jika kamu menggunakan jasa iklan berbayar seperti google atau facebook ads, Landing page menjadi suatu hal yang penting untuk melancarkan pengiklanan di laman tersebut.

 

Sebagai contoh, ada 100 pengunjung di landing page kamu. Akan tetapi, dari 100 pengunjung tersebut hanya 3 persen saja yang tertarik dengan produk kamu dan sisanya pergi begitu saja. Walaupun 97 persen pengunjung pergi begitu saja, jasa iklan akan menyimpan 100 data orang yang mengunjungi landing page kamu. Jadi, kamu cukup mengiklankan ulang produk ke 97 persen pengunjung sebelumnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu membuat landing page. Untuk mempelajari cara membuatnya, kamu dapat melihat berbagai contoh landing page dari berbagai brand ternama.

 

Maraknya pengguna internet saat ini tentunya menjadi tempat yang menarik untuk melakukan bisnis digital. Namun, kamu juga perlu memperhatikan berbagai strategi agar matang. Jadi, jangan ragu untuk buat landing page agar bisnis digital kamu semakin berkembang dan mencakup banyak pembeli.

Posting Terkait.
Copy link
Powered by Social Snap